Header Ads

Cara Mengatasi Bayi Sembelit dengan Aman yang Bisa Mommy Terapkan

Cara Mengatasi Bayi Sembelit dengan Aman yang Bisa Mommy Terapkan Hai mom! Anda sedang khawatir karena bayi mengalami susah buang air besar? Sebagai orang tua, tentunya mommy sangatlah khawatir dengan gangguan pencernaan bayi anda. Nah, kondisi susah buang air besar atau sembelit pada bayi ini haruslah segera diatasi agar terhindar dari dehidrasi.

Jika kondisi ini terjadi pada orang dewasa, mommy hanya perlu menambah asupan air dan mengonsumsi obat. Tapi bagaimana jika kondisi ini terjadi pada bayi yang organ pencernaannya masih cukup sensitif? Tentu mommy tidak bisa nih asal memberikan obat-obatan. Lalu bagaimana cara mengatasi bayi sembelit? Ini dia cara aman yang bisa mommy terapkan!

Cara Mengatasi Bayi Sembelit dengan Aman

Nah, beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi di bawah ini, cukup aman loh buat mommy terapkan pada bayi.

1.        Beri Asupan Cairan yang Cukup

Jika mommy memiliki bayi berusia kurang dari 6 bulan, pemberian cairan berupa asupan ASI yang cukup sangatlah penting. Namun jika bayi berusia di atas 6 bulan, mommy bisa memberikan tambahan cairan air putih.

2.        Jus buah

Cara mengatasi bayi sembelit yang kedua, yakni mommy bisa coba menambahkan asupan bergizi seperti jus apel, pir, ataupun plum namun dalam porsi yang cukup kecil. Mommy perlu memberikan jus ini tanpa menggunakan bahan tambahan seperti gula, maupun sirup.

3.        Coba Ganti Susu Formula

Jika bayi mengonsumsi susu formula, sebaiknya mommy coba untuk mengganti merk susu formula bayi. Karena pada beberapa kasus, bayi tidak cocok dan bahkan alergi terhadap kandungan susu formula.

4.        MPASI dengan Kandungan Serat yang Tinggi

Jika bayi sudah diperkenalkan dengan MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu, mommy bisa menambahkan makanan dengan serat tinggi. Berikanlah asupan makanan berserat secukupnya sesuai kebutuhan dan usia bayi. Mommy bisa memberikan bahan serat dari buah dan sayur sayuran. Selain itu hindarilah juga makanan sereal instan, agar tidak dikonsumsi bayi.

Nah, itulah tadi cara mengatasi bayi sembelit dengan bahan bahan alami yang aman buat dikonsumsi anak. Namun jika kondisi bayi tetap tidak membaik, sebaiknya mommy segera deh membawa se kecil untuk konsultasi ke dokter!

1 comment:

Powered by Blogger.