Header Ads

Hasil Pimnas 2013 Membawa Its Juara Umum



Setelah setahun sebelumnya Universitas Brawijaya menggondol juara umum PIMNAS ke-25, sekarang kampus Jawa Timur yang lainnya kembali menyabet gelar juara umum PIMNAS ke-26 di Universitas Mataram ialah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mereka harus berebut gelar juara umum dengan 106 kampus lainnya sebelum memastikan juara umum tahun ini. Total karya yang dipertandingkan sebanyak 400 karya. Pelaksanaan PIMNAS ini antara 9-13 September 2013. PIMNAS 2013 kali ini bertema “Mengukir prestasi untuk kejayaan bangsa”.

Perolehan medali yang didapatkan ITS dalam presentasi karya yakni 8 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Sedangkan untuk karya berbentuk poster, ITS memperoleh 3 emas, 3 perak dan 4 peruggu. Di tahun ini, ITS berhasil meloloskan 44 tim untuk bertanding di Mataram. Mereka terdiri dari 4 tim PKM-K, 16 tim PKM-KC, 7 tim PKM-M, 6 tim PKM-P, 5 tim PKM-T dan 6 tim PKM-GT. Dengan perolehan medali sebanyak itu, pantas saja kalau Hasil PIMNAS 2013 Membawa ITS Juara Umum kali ini.
Untuk juara 2 diperoleh oleh Universitas Airlangga dan lalu disusul oleh Universitas Gajah Mada diperingkat ke-3. Hasil lengkap PIMNAS ke-26 di Mataram ialah sebagai berikut.
  1. Institut Sepuluh Nopember
  2. Universitas Airlangga
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Brawijaya
  5. Institut Pertanian Bogor
  6. U n i v e r s i t a s   D i p o n e g o r o
  7. Universitas Sanata Dharma
  8. Universitas Negeri Yogyakarta
  9. Universitas Sriwijaya
  10. Universitas Negeri Semarang
Sebelumnya, perhelatan mahasiswa yang cukup besar ini dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh, dan pidato dari Rektor Universitas Mataram untuk semua penerima PIMNAS. Muhammad Nuh juga menjanjikan akan menawarkan beasiswa lanjutan untuk para juara dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang digelar tahun ini. Beasiswa ini ditujukan supaya bisa memotivasi kepada seluruh mahasiswa yang berlomba.
Beasiswa yang diberikan berupa beasiswa D-4 ataupun S-1 untuk pemenang yang masih di jenjang D-3. Untuk yang sudah berguru di S-1, mereka akan diberi beasiswa lanjutan untuk melanjutkan ke agenda S-2. PIMNAS dari tahun ke tahun diselenggarakan untuk membuatkan tradisi keilmuwan para mahasiswa Indonesia supaya terus mencari inovasi-inovasi terbaru yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar mereka. Mahasiswa dibutuhkan supaya kreatif dan inovatif dalam membuatkan keilmuwan mereka. Selain itu, supaya mahasiswa bisa membangun tradisis berprestasi di tingkat Nasional atau bahkan Internasional. PIMNAS ke-26 ini diikuti oleh 106 sekolah tinggi tinggi dari 28 provinsi di Indonesia. Jumlah pesertanya hampir 2000 mahasiswa dengan membawa 400 karya mereka.
Sementara itu, tuan rumah untuk PIMNAS tahun 2014 masih belum ditentukan. Masih ada 2 kampus yang menjadi nominasi sebagai tuan rumah. Kedua kampus itu berada di Pulau Jawa yakni, Universitas Pendidikan Indonesia yang berada di Bandung dan Universitas Diponegoro Semarang. Akan dilakukan survei terlebih dahulu sebelum memilih tuan rumah PIMNAS ke-27 nanti. Kaprikornus tunggu saja info berikutnya. Baca juga sistem pemerintahan Indonesia ketika ini di artikel lain, terima kasih.

No comments

Powered by Blogger.