Header Ads

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias



Seperti yang kita ketahui bahwa ikan cupang merupakan ikan air tawar. Ikan ini bersifat berangasan sebagai cara untuk mempertahankan wilayahnya. Tampilannya yang indah dan warna-warni menciptakan banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Namun banyak orang yang tidak tahu cara memeliharanya sehingga ikan cupang ini cepat mati. Untuk menghindari itu, berikut ialah klarifikasi mengenai cara budidaya ikan cupang hias.

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan cupang merupakan ikan air tawar Cara Budidaya Ikan Cupang Hias
Cara Budidaya Ikan Cupang Hias
Cara budidaya ikan cupang hias tidak begitu sulit alasannya ikan cupang tidak memerlukan pakan khusus. Untuk duduk masalah makanan, cupang yang merupakan benih biasanya dipakai pakan yang masih alami berupa Daphnia sp atau kutu air yang bisa kita temukan di tempat-tempat kotor ataupun selokan yang airnya tergenang. Di daerah itulah kitabisa mencari makan untuk ikan cupang. Sedangkan kuliner untuk budidaya ikan cupang hias yang sudah menjadi induk bisa kita gunakan pakan dari jentik-jentik nyamuk atau. Kita bisa memberi kutu air untuk pertumbuhan anak ikan. Hal ini dilakukan untuk lebih mempercepat pertumbuhan anak ikan sanggup diselingi dengan cacing rambut.
Kita sanggup memakai sejenis akuarium daerah selebar 1 x 2 m untuk budidaya ikan cupang hias. Selain itu bisa memakai kolam semen atau bisa juga akuarium yang memiliki dimensi 100 x 40 x 50 cm. Sedangkan untuk daerah perkawinan dalam budidaya ikan cupang hias bisa dipakai wadah yang lebih kecil dari wadah pembesaran. Contoh wadah yang bisa dipakai untuk budidaya ikan cupang hias untuk media pembesaran antara lain : bejana plastik, akuarium kecil, ataupun daerah lain yang sanggup dipakai sebagai pemisah dengan pasangannya.
Hal penting lain yang harus diperhatikan ketika akan budidaya ikan cupang hias yaitu pemilihan bibit cupang jantan maupun betina yang baik. Hal ini sangat mensugesti kecepatan pertambahan jumlah dalam budidaya ikan cupang hias. Untuk cupang jantan, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu gerakannya yang cukup berangasan dan juga lincah. Selain itu perlu diperhatikan fisik tubuh dan juga siripnya yang cukup panjang dan berwarna indah. Ikan cupang hias jantan yang bisa dibudidayakan usianya sekurang-kurangnya ± 4 bulan. Dan hal penting terakhiruntuk budidaya ikan cupang hias jantan yaitu tidak terserang penyakit serta juga tidak cacat. Lain jantan lain betina untuk ciri-cirinya. Untuk cupang betina harus dalam kondisi sehat serta tidak cacat di bab tubuhnya. Selain itu siripnya agak pendek daripada jantan serta juga warnanya lebih kusam dibanding jantan. Ikan cupang betina yang bagus memiliki gerakan yang sedikit agak lambat. Untuk bentuk badannya, ikan cupang betina agak membulat. Hal tersebut mengindikasikan bahwa ikan tersebut siap dikawinkan. Untuk usia, sama ibarat jantan yakni sekurang-kurangnya ± 4 bulan.
Setelah didapatkan induk cupang jantan maupun betina hasil seleksi sesudah itu dilakukan cara mengawinkan kedua induk cupang tersebut. Hal pertama yang dilakukan untuk budidaya ikan cupang hias saat proses perkawinan yaitu menyiapkan kolam untuk perkawinan atau pemijahan antara cupang hias jantan maupun betina bisa memakai daerah ibarat aquarium kecil ataupun daerah lain, asalkan higienis biar tidak mensugesti telur ikan. Kolam tersebut diisi air antara 15 hinggga 30 cm. Kemudian induk cupang jantang dimasukkanakuarium selama 1 hari. Akuarium ditutup dan sesudah 1 hari induk cupang hias betina dimasukkan. Setelah 1 hari, kemungkinan besar induk betina telah mematang telurnya. Kemudian telur tersebut dipindahkan ke dalam wadah pemijahan. Terkadang keesokan harinya ikan sudah bertelur dan lalu telurnya melekat disarang dalam bentuk busa. Setelah perkawinan, induk betina dipindahkan sedangkan jantan dibiarkan pada akuarium tersebut untuk merawat telur sampai menetas. Baca juga artikel perihal bunga-bunga bagus penghias taman bunga mawar tulip.

Untuk pembesaran anak maupun  masa panen pada budidaya ikan cupang hias, tidak begitu sulit. Setelah anak cupang hias sudah bisa berenang dengan sendirinya, anak cupang dipisahkan dari induknya maupun cupang remaja lain. Anak cupang bisa dianggap sudah remaja ketika berumur 1 bulan. Pada ketika itu kita tidak perlu untuk memberi perlakuan khusus.

No comments

Powered by Blogger.